height: 100%; padding: 0px; overflow: hidden; } div.TabView div.Pages div.Page div.Pad { padding: 3px 5px; font-size: 12px;

Enthung (Kepompong Ulat Daun Jati)


Hai sobat, jumpa lagi dengan saya.. :-)
Kali ini saya akan sedikit membahas mengenai hewan unik yang terdapat di daerah Blora Jawa Tengah yaitu kepompong ulat daun jati atau yang sering disebut Enthung.  Nah, apakah itu enthung? saya coba dipaparkan seperti berikut.

"Enthung" hewan ini merupakan kepompong dari ulat daun jati yang banyak ditemukan didaerah Cepu Kabupaten Blora pada peralihan musim kmarau ke musim hujan. Enthung sendiri termasuk dalam spesies ulat (Hyblea Puera), 
Kerjaan : Animallia
Fillum   : Arthropoda


Kelas    : Insecta
Ordo     :Lepidoptrea
Famili   :Hyblaeidae
Genus   :Hyblaea
Dia berbentuk lonjong berwarna sedikit kecoklatan dengan panjang lebih kurang 1,5 -2.0 cm dengan berat lebih kurang 0,5 - 1,5 mg. 


Di kebanyakan daerah di Jawa Tengah  banyak yang menjajakan enthung di pinggiran jalan yang terbentang dari alas (hutan) jati sepanjang Jalan raya Cepu Blora pada musim tertentu. Harga tergantung dari kesepakatan penjual dan pembeli dan relatif murah.

Hewan ini meskipun lucu dan menggelikan namun banyak manfaat yang terkadung yakni dari segi gizi. Enthung banyak mengandung protein, mineral, vitamin, karbohidrat, dan lemak sehingga masyarakat sekitar banyak yang menjadikan makanan. 
Demikian artikel info mengenai kepompong ulat daun jati yang bisa saya paparkan. semoga bermanfaat.



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Enthung (Kepompong Ulat Daun Jati)"

Post a Comment