height: 100%; padding: 0px; overflow: hidden; } div.TabView div.Pages div.Page div.Pad { padding: 3px 5px; font-size: 12px;

Sedekah Bumi (Manganan) Khas Blora

Pernahkah teman-teman mendengar istilah tersebut? Apa yang ada dibenak teman, ketika diucapkan istilah tersebut. Manganan/Mangan= makan.. ya bisa jadi benar.Mari kita ulas mengenai istilah tersebut, Sebelumnya kita harus tahu dulu apa itu sedekah bumi.
Sedekah bumi menurut Wikipedia adalah suatu upacara adat yang melambangkan rasa syukur manusia terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang te;ah memberi rezeki melalui tanah atau bumi berupa segala bentuk hasil bumi. Acara sedekah bumi ini sangat populer di Indonesia khususnya pulau jawa.
Sedekah bumi di beberapa derah mempunyai ciri khas yang berbeda-beda, salah satumya di dukuh sawur, desa sambongrejo, kelurahan sambong, kabupaten Blora. Daerah tersebut memiliki traadisi unik, yaitu acara sedekah bumi memperingati pasca panen raya (panen padi) dengan menggelar acara manganan. Manganan yaitu acra untuk menyedakhkan hasil bumi dengan memberikan suatu hidangan seadanya yang ditata sedemikian rupa, kemudian dibawa ke suatu tempat yang lapang untuk dilakukan hajatan. Makanan boleh berupa apa saja, gemblong/jaddah, nasi, kerupuk beras, dan atau semua yang berbahan dari bahan dasar padi. Mangnan dimaksudkan untuk mensyukuri nikmat atas hasil bumi yang diterima masyarakat sekitar dengan harapan panen berikutnya akan mendapat hasil yang lebih baik.
Makanan/jaddah yang telah dikumpulkan kemudian didoakan oleh sesepuh desa setempat. Namun disini terrdapat hal yang tidak dijumpai didaerah lain yaitu hasil dari hajatan tersebut dijadikan sebagai sarana untuk menyerang satu sama lain.  Bagaimana caranya? Jadi jaddah dilemparkan ke beberapa orang sambil balas-balasan. Terkadang sampai ada yang dipopok, diusek-usek (istilah bahasa setempat). Tidak ada maksud untuk melukai atau balas dendam hanya sekadar menambah rasa persaudaraan. Hantaman dari bebrapa makanan (jaddah) dimaksudkan seraya merasakan nikmat yang diterima serta sedihnya dalam pencarian hasil digambarkan ketika terhantam oleh jaddah/jajanan yang lainnya.

Itu adalah sedikit ulasan mengenai tradisi daerah mengenai sedekah bumi manganan di daerah Blora. Semoga bermanfaat Guys..

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Sedekah Bumi (Manganan) Khas Blora"

Post a Comment