height: 100%; padding: 0px; overflow: hidden; } div.TabView div.Pages div.Page div.Pad { padding: 3px 5px; font-size: 12px;

5 Manfaat Buah Kurma

Buah kurma, apa yang istimewa dari buah ini. Sebelum berbicara tentang buah kurma, kita ulas sedikit mengenai pohon kurma. Pohon kurma sendiri banyak tumbuh dan subur di daerah timur tengah yang memiliki tanah dengan kadar air yang rendah serta suhu yang relatif tinggi (cuaca panas). Pasti yang terfikir adalah Saudi Arabia dan kawan-kawan. Hampir semua bagian dari pohon kurma bisa dimanfaatkan, misalnya batang pohon ini bisa dimanfaatkan sebagai pondasi sebuah rumah/bangunan, daun pohon kurma sebagai atap maupun tikar, dan yang tak kalah jauh lebih penting yaitu buah kurma sendiri. Berikut penjelasan serta manfaat mengkonsumsi buah kurma.
Buah kurma mengandung banyak zat gula serta enam unsur makanan penting lainnya seperti lemak, protein, vitamin dan mineral dan air. Dalam tujuh butir buah kurma setara dengan 100 gram yang mengandung gula 75gr, glukoasa, fruktosa, sukrosa, selulosa. Kurma juga mengandung selulosa 4gr,  air 22.5 ml protein 2.5gr,  lemak 2.5 gr, mineral potassium 79 gr, mengandung fosfat 21mg, belerang 65 mg zat besi 5 mg, magnesium 65 mg, kalsium 65 mg, fosfor 72 mg, serta mengandung 7 asam amino esensial yaitu lisin, valin, leosin, arginin, teorinin, isalosin dan tritopan, vitamin A 65 mg  B1 0.08 mg B2 0.05 CO 2 hingga 2.6 mg, juga asam glutation sebagai antioksidan 100 gr kurma mengandung 350 kalori. Kurma juga mengandung kalsium mangan vitamin K dan B-kompleks. Dengan kandungan ini kurma merupakan buah sempurna karena hampir memenuhi semua kebutuhan gizi.
MasyaAllah, ternyata kandungan buah kurma sangat kompleks, dari situ dapat di sebutkan manfaat jika mengkonsumsi buah kurma, seperti berikut.
  1. Buah kurma bermanfaat untuk menangkal racun, yaitu radikal bebas dikarenakan memiliki zat antioksidan.
  2. Memiliki sumber energi yang diperlukan oleh tubuh seperti glukosa sehingga banyak yang mengkonsumsi ketika berbuka puasa.
  3. Manfaat buah kurma untuk mencegah kanker usus besar. Kurma yang kaya serat dapat membantu selaput lendir usus dan mengikat bahan kimia sehingga mencegah kanker usus besar.
  4. Membantu kesehatan mata karena mempunyai kandungan vitamin A.
  5. Kurma sebagai penambah darah, karena mempunyai zat besi yang diperlukan tubuh, degan tambahan darah tersebut akan meningkatkan alirah darah yang banyak mengandung hemoglobin serta oksigen, sehingga mencegah terjadinya penyakit stroke.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Manfaat Buah Kurma"

Post a Comment